Senin, 17 September 2012

Awal Mula Gangnam melejit

Halo Berita – Video Youtube yang telah mengungguli Video musik Artis papan atas seperti Katty Perry, Carly Rae Jepsen, One Direction, Justin Bieber, dan juga will i am. Telah mampu menghasilkan 131 juta view hanya dengan Video Musik yang berdurasi hanya 4 menit 32 detik Apakah Anda Tahu siapa?? Video itu adalah Video musik Gangnam Style yang dinyanyikan oleh Artis PSY yang sekarang telah menjadi trand Video musik di youtube.
Gangnam Style-Halo Berita
Courtesy : thethreewisemonkeys.com
Apa itu Gangnam?
Maungkin tidak banyak yang familiar jika mendengar kata Gangnam, Gangnam adalah sebuah Distrik (Kabupaten) di KorSel. Gangnam merupakan home based 3 perusahaan besar di Korea Selatan: seperti LG, Hyundai, Samsung. Beverly Hillsnya Korea adalah julukan lain yang di miliki Gangnam. Korea Selatan telah dihasilkan 7% PDB (Pendapatan Domestik Bruto) dari Distrik ini.
Siapa itu PSY?
PSY yang memiliki nama asli Park Jae-Sang, Seorang Pria yag berumur 34 Tahun. Ia telah menghasilkan Album pertama di tahun 2001, PSY From The Psycho World!. Dalam album pertamanya ini, telah menimbulkan polemik karena konten yang kurang pantas ada di dalam video musiknya itu. Hal itu mengakibatkan Album ke 2 PSY itu dilarang untuk beredar. tidak hanya itu, di tahun yang sama pula Dia di jerat oleh polisi karena kepemilikan Ganja. Dan yang lebih parah lagi Ia menolak untuk ikut wajib militer.
Apa yang membuatnya menjadi Populer?
Keunikan Video Gangnam Style menjadi hal Utama yang menyebabkan Virus Gangnam ini tersebar dengan cepatnya bahkan Gangnam Style mewabah Di Indonesia. Penampilan yang telihat Apa adanya, terkesan Norak,juga dengan paduan musik yang catchy dan juga gaya jogetnya yang segar seperti kuda jingkrak, membuat sejumlah orang mengikuti gaya joget seperti PSY tersebut.
Yang menjadi fakto kedua, PSY memiliki keunikan sendiri dari formasi Band. Formasi Psy tidak seperti Formasi KPOP yang identik dengan Boy And Girl Band yang memiliki Anggota Rombongan. Tapi PSY hanya mengusung Park Jae-Sang seorang sebagai Anggotanya.
Faktor Ketiga yang membuat Demam Gangnam Style Di youtube itu menyebaaar dengan cepat, Gangnam Style di banjiri Endorse dari kalangan Selebritas Hollywood. Seperti Britney Spears, Katty Perry, Josh Groban, Nelly Furtado, Vanessa Hudges, Robbie Williams dan Justi Bieber mengakui bahwa mereka sangat terhibur dengan Joget ala PSY itu. Lewat media sosial tidak hanya memuji Park Jae Sang, mereka juga memberi link tautan Video Gangnam Style.
Dalam Serangkaian video KPOP di Youtube, Gangnam Style berhasil berada diposisi teratas dengan memiliki 131 juta view Jauh lebih unggul dari Oh! miliki SNSD yang memiliki 55 Juta View, I am the Best dari 2NE1 (52 juta), Sexy, Free, and Single dari Super Junior (12 juta). Tentu saja dengan meledaknya Gangnam Style milik PSY itu di Youtube telah mendongkrak kepopuleritasan KPOP di Mata Dunia.
Gangnam Style juga sempat menjadi trending Topic World wide Twitter. Biasanya Sosial media memang memiliki efek domino. satu trend di media sosial, pasti menjadi trend juga di sosial media yang lain.
Source: http://goo.gl/1Gprf

demam Gangnam Style


Psy (YGE)
Jakarta - Si Oppa Gangnam Style Psy mengambil alih perhatian dunia. Band Maroon 5 pun tak mau ketinggalan. Mereka turut terkena demam 'Gangnam Style'.

Maroon 5 menggelar konser di Seoul, Korea akhir minggu lalu. Di lagu terakhir 'Move Like Jagger' Maroon 5 pun memberikan kejutan dengan menyelipkan lagu populer dari Psy 'Gangnam Style'.

Tak terlalu panjang, bagian "Oppa Gangnam Style" menggema tiga kali di bagian intro 'Move Like Jagger'. Disambut teriakan histeris penonton, Maroon 5 langsung beranjak menyanyikan lagu dari album terbarunya itu.

Ini kali ketiga Maroon 5 menggelar konser di Korea. Mereka tampil selama 1 jam 40 menit dan ditonton oleh lebih dari 23 ribu pasang mata.

Kabarnya, konser itu juga dihadiri oleh deretan artis papan atas Korea. Personel SNSD Sooyoung, Tiffany, Taeyeon, Jessica dikabarkan hadir. Juga G.Na dan Brian Joo.

Selasa, 11 September 2012

Jawaban Ariel Tentang Album Noah dan KFC



Album Noah dan KFC
Noah rencananya akan merilis album terbaru mereka, 16 September mendatang. Kabarnya, album tersebut akan dijual di resto ayam goreng, seperti yang saat ini banyak dilakukan musisi lainnya. Benarkah?
Hal itu terungkap saat Ariel menjawab pertanyaan para penggemar melalui situs Formspring (sejenis jejaring sosial untuk tanya jawab). Dalam pertanyaannya tersebut, seorang penggemar yang bernama Vivi Wahyuni menanyakan alasan Noah menjual albumnya di resto siap saji tersebut.“Kenapa memilih untuk jualan next album di kfc?? Gak pede sama angka penjualan album sendiri, kalau dijual lewat jalur konvensional? Sebenarnya rada kecewa sih,” tulis Vivi, seperti dikutip Formspring milik Ariel.
Dan berikut jawaban Ariel atas pertanyaan tersebut :
nice question……… 

Di dalam industri musik ada dua pelaku yg saling bekerjasama, musisi yg membuat musik dan label yg bertindak sebagai partner yg memasarkan karya musik tadi. kedua pihak harus saling diuntungkan dalam bekerjasama.
Pihak label telah memfasilitasi kami dengan menanggung segala biaya keperluan dalam proses pembuatan sebuah album, biaya studio, biaya crew selama proses recording, operator, enginer, menyediakan tempat tinggal, keperluan kecil sampai biaya makanan setiap harinya, biaya mixing dan mastering yg berulang, kebetulan untuk proses album ini waktunya lumayan lama, kalau di total, waktu produktif kami lebih dari 5 bulan.

seperti yang saya katakan tadi, dalam kerjasama , kedua pihak harus diuntungkan. tdk hanya memikirkan gengsi, gengsi tetap harus dijaga tetapi juga realita harus ditimbang. PEMBAJAKAN yg tidak teratasi pelan2 mengubur kaki industri musik indonesia. setau saya, dalam waktu 5 tahun saja angka pembajakan telah menggerogoti 700% penjualan kaset dan cd di indonesia.
Banyak orang yg harus dihidupi di dunia industri musik ini, bukan hanya musisi, pegawai label sampai office boy security2nya :) ) , karyawan2 pabrik pencetak cd dan kaset, yang sekarang mulai kehilangan pekerjaan berkat pembajakan. label yg sudah mulai gulung tikar. toko-toko musik yg juga bangkrut karena sudah semakin jarang orang yang membeli cd atau kaset ke toko musik.
banyak yg sudah berubah dalam budaya penikmat musik. kalau dulu saya masih SMA dan kuliah, hampir sebulan sekali pergi ke toko musik aquarius di dago bandung, hanya untuk mencari ada band baru apa yg mengeluarkan album baru, dan banyak orang yg juga melakukan iseperti yg saya lakukan.

jaman sekarang kebanyakan orang sudah malas untuk mencari cd ke toko musik, kebanyakan lebih senang sambil melakukan aktifitas lain, kebetulan ada cd dijual , sekalian beli. karna kalau untuk mencari band apa yg baru, atau musik apa yg baru, atau sekedar mencari sebuah lagu, orang lebih memilih untuk mencari di internet, yang akhirnya berakhir dengan mendownload secara gratis biasanya. fasilitas cd bajakan memperparah keadaan juga.

mulai tahun 2012 sendiri kaset sudah tidak diproduksi lg. perubahan telah terjadi dibanyak hal, begitu juga cara penjualan cd sendiri harus berubah, agar bertahan menghadapi perubahan yg mulai melumpuhkan industri mereka. diluar negri, iTunes sangat membantu industri musik untuk bisa bertahan, di indonesia sendiri msh blm bisa ditemukan cara pembayaran online untuk membeli musik yg bisa menjadi standart.

tehnik penjualan cd melalui kfc hanyalah salah satu cara dari evolusi penjualan cd untuk bertahan hidup, dimana cd itu sendiri yg menghampiri pembelinya. orang pun bisa mejalankan kebiasaan “sambil” nya tadi, sambil makan, ada cd, beli. itu lebih baik dibanding mencari di internet lalu mendownload gratis.
bagi kami kfc seperti layaknya toko kaset yang ada dimana2 diseluruh indonesia.
gengsi harus dijaga, tapi ada banyak hal juga yg harus dijaga, kelangsungan hidup dari pada pelaku industri musik indonesia sendiri yg semakin hari semakin terpuruk.
biasanya, semakin kita menghargai hasil pekerjaan seseorang, maka semakin baik pula orang itu mengerjakan pekerjaannya.
saya yakin industri musik indonesia akan semakin menghasilkan kualitas musik yang bermutu, seiring dengan dihargainya hasil karya mereka.

sekali lagi, kfc hanyalah salah satu cara industri cd bertahan hidup, ada banyak orng yg harus bertahan hidup di industri ini. saya yakin di kemudian akan ada cara lainnya, dan mudah2an dikemudian hari juga orang2 semakin menghargai karya2 musik dengan tidak membajaknya.